Covid-19 Melanda, Akses Belajar Mahasiswa Adalah Prioritas

Covid-19 Melanda, Akses Belajar Mahasiswa Adalah Prioritas

Wakil Rektor Universitas Paramadina Bidang Sumber Daya, Prima Naomi

 

Para Pejuang Loker apa kabar? Lama tidak jumpa sejak pandemic covid-19 datang. Bagaimana kabar pejuang ? Semoga yang tempat bekerjanya atau usahanya terdampak menemukan solusi terbaik untuk pejuang semua. Beberapa waktu lalu kami sempat berdiskusi dengan Wakil Rektor Bidang Pengelolaan Sumber Daya Universitas Paramadina, Prima Naomi. Kami melihat informasi ini penting untuk disampaikan mengingat tentu di antara kita ada yang bekerja sambil mengembangkan potensi akademik di lembaga pendidikan. Tim bankloker bersama Prima membahas kondisi terkini sumber daya manusia di civitas pendidikan tinggi dan kebijakan yang diambil oleh manajemen.

Berdasarkan hasil rapat Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) adanya kemungkinan dampak Covid-19 akan menerpa 80 persen PTS yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di Indonesia. Terdapat 4.520 PTS di Tanah Air. Sekitar 3.164 PTS memerlukan perhatian khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di masa pandemi ini. Dampak pada PTS yang memiliki mahasiswa dibawah 1000, sangat signifikan. Rata-rata mahasiswanya hanya mampu membayar 50% dari total uang yang masuk. Jika semester berikutnya berlanjut dapat dipastikan 2/3 PTS Indonesia akan terkena imbas besar tidak bisa membayar dosen dan karyawanya, bahkan tidak bisa membayar listrik, telpon dan lainnya.

Dalam merespons dampak pandemic, Universitas paramadina melakukan efisiensi anggaran di program-program yang tidak bisa dilaksanakan dalam waktu dekat karena terkait protokol kesehatan dan kegiatan yang dapat ditunda hingga situasi kondisi dinyatakan kondusif oleh pemerintah. Sementara di bidang sumber daya manusia dengan mengurangi lembur karena beralih ke kegiatan belajar mengajar secara daring ( dalam jaringan) bukan tatap muka. Tidak terkecuali kebijakan relaksasi pembayaran uang semester bagi peserta akademik.

Universitas Paramadina termasuk lembaga pendidikan tinggi yang membuat kebijakan relaksasi pembayaran uang semester sebelum kebijakan dari Menteri Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan resmi dijalankan. Beberapa hal yang dilakukan agar terwujudnya pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang baik akibat pandemic covid-19 adalah

  1. Persiapan tenaga pendidikan dan peserta akademik terkait komunikasi, administrasi, dan pengendalian mutu akademik;
  2. Manajemen membentuk tim untuk mengelola dan memverifikasi pengajuan keringanan pembayaran SPP oleh mahasiswa yang kemampuan finansialnya terdampak pandemic. Bantuan diberikan kepada mereka yang benar-benar terdampak. Sehingga universitas menjalin komunikasi dengan Departemen Sumber Daya dari kantor orangtua atau yang bersangkutan bekerja. Besaran bantuan dari universitas pun beragam disesuaikan dengan besarnya dampak finansial terhadap masing-masing pemohon.

Selama pandemic diperlukan ketaatan semua pihak baik dalam menjalankan protokol kesehatan kementerian kesehatan dan aturan yang ditetapkan kementerian pendidikan dan budaya. Pertanyaan tentang kemungkinan penerapan PJJ dalam jangka waktu panjang atau bahkan seterusnya memang tidak terelakkan. Menurut Prima berdasarkan studi kepuasan belajar salah satunya dipengaruhi oleh interaksi. PJJ membatasi interaksi tenaga pendidik dan mahasiswa. Ada nilai-nilai sosial yang tidak dapat tersampaikan dengan sempurna karena keterbatasan jarak, seperti komunikasi dan simpati-empati antar orang.

Prima berharap ke depannya pandemic dapat segera diatasi dan kegiatan pembelajaran kembali di dalam kelas. Karena memang mungkin saja PJJ 100% dilakukan tapi belum tentu pula seluruh lembaga pendidikan mampu atau memilih metode itu. Juga belum tentu 100% calon mahasiswa atau aktif memilih perkuliahan seperti itu. Maka dalam menjalani masa transisi ini diperlukan kesiapan dan kemauan belajar mahasiswa, kesiapa dosen, dan teknologi. Utamanya teknologi masih jadi pekerjaan rumah besar untuk tercapainya pemerataan PJJ dari tingkat SD hingga pendidikan tinggi di negara kita.

 

(DNB)

Leave your thoughts

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bankloker.com

Our Mission

“Semakin Bermanfaat, Semakin Dekat Tujuan Kami”

Contact Us

Bankloker.
Sentra Timur Residence
admin@Bankloker.com
http://Bankloker.com